Wednesday, August 22, 2012

Beda Sayur dengan Buah

Sayuran bisa dikonsumsi bersama karbohidrat, sedangkan buah tidak. Buah mengandung gula yang mudah terurai. Jika buah dimakan bersamaan/berdekatan waktunya dengan karbohidrat/protein, maka gula buah yang mudah terurai akan memfermentasi makanan kita, sehingga nutrisinya tidak dapat optimal diserap tubuh (karena banyak rusak/'membusuk').


Tomat adalah sayuran. Kalau di dalam Food Combining, tomat dan avokad dikelompokkan dalam golongan sayuran. (Bukan berarti bahwa avokad itu sayuran lho ya. Tp *dikelompokkan* ke dalam golongan sayuran.) Yang membedakan buah dari sayuran adalah kandungan gulanya. Tomat dan avokad tidak/sangat sedikit mengandung gula.


Tentang serat dalam jus dan juicer. Tentu saja jus dari juicer hanya berupa sari buah, tanpa serat kasar. Kalo diblender, jus bercampur serat kasar. Jika mau memanfaatkan serat kasarnya juga, jus dari juicer bisa dicampur ampas buah beberapa sendok teh/sendok makan sebatas jus masih terasa nikmat. Untuk buah-buah berserat tinggi sebaiknya diproses menggunakan juicer, sedangkan buah kurang berserat seperti semangka, melon, pepaya bisa menggunakan blender. (Meskipun kelihatannya kurang berserat, buah rendah serat ini sebenarnya juga kaya akan serat, yakni jenis serat larut yang disebut gelatin - tidak kelihatan oleh mata dan tak terasa seperti serat kasar.)

-----

No comments:

Post a Comment