Wednesday, August 22, 2012

Jaga mulut.

Kembali diingetkan untuk menjaga lisan (tulisan juga ding).. Terutama becandaan2 yang nyangkut penyakit or musibah yg kebetulan kita gak mengalaminya. Btw, sejak kapan sih, kata *autis* jadi kata2 ejekan. Akhir2 ini sering denger n liat di sejumlah tulisan, dan terus terang risih banget.

By yesiamblue.


Siapa yang masih suka ngehina temennya pake kata-kata “autis”? hayoo ngaku??
Beberapa waktu lalu, gw masih sering ngehina temen gw yang agak-agak ‘dongdeng’ dengan sebutan autis.. sampai suatu ketika gw pernah ditegor sama sepupu gw waktu gw ngatain temen dengan sebutan “autis”.. dia bilang “dear my cousin, please don’t mock others with that word.. :) ”

Waktu gw ditegor itu gw ngerasa, apa deh..perasaan biasa aja, lagian kok dia yang rempong sih.. kan dia gak autis.. temen gw yang gw katain autis aja gak ngomel-ngomel..
Lama-kelamaan gw jadi mikir..eh tapi bener juga ya.. kasian orang-orang yang punya sodara autis.. pasti mereka ngerasa kesel kali ya sodaranya dihina padahal dia gak gak salah apa-apa.. (gw emang gak bisa dikasih tau langsung, pasti awalnya menyanggah.. baru menyetujui deh setelahh mikir kalo ditegor)

Dan gw menemukan satu tulisan ini.. dan itu gw sedih banget bacanya sampe nangis.. teringat lagi temen gw yang punya keponakan autis, pasti dia ngerasain hal yang sama kali ya tiap gw ngatain orang dengan kata autis.. jadi makin ngerasa bersalah.. :(

Ternyata ya kalo dihina tuh rasanya sakit dan kesel baanget.. apalagi kalo yang dihina tuh tentang penyakit yang sebenernya kita juga gak menginginkan.. ya elaaaahh.. siapa juga yang pengen dapet penyakit.. ada-ada aja deeeh..

Kemaren gw kayanya kena karma nih.. jadi beberapa hari terakhir ini tulang ekor gw kerasa sakiiiiit banget.. dan itu ngerubah semua gaya jalan gw, berdiri gw, tidur, duduk juga berubah.. 2 tahun lalu gw kecelakaan motor dan tulang ekor gw miring karena pas jatoh daerah pinggul kanan dulu waktu kecelakaan.. dulu-dulu gw jarang banget kumat tapi entah kenapa kemaen kumat, katanya sih karena kurang minum..

Nah, pas lagi ngobrol-ngobrol di kosan.. ada satu temen kosan yang nyeletuk “dek, kok berdirimu aneh sih?” saat itu gw jawab “iya mbak, ini efek tulang.. dan emang tulang ekorku lagi kumat kemaren2.” Dan dia nyeletuk “kebayang nanti kamu pas digendong sama pacarmu,tulangmu kesenggol dikit langsung patah”.. dan dia tertawa dengan puasnya.. seakan apa yang dia katakan itu hal paling kocak sedunia.. gw Cuma bisa nyengir, padahal dalam hati sakiiiit banget..

Ya ampun.. dia gak tau ya rasa sakit tiap malem yang gw rasain gimana.. ngatur posisi tidur biar gak linu.. tiap jalan ngejaga banget tiap langkah biar gak memperparah posisi tulang.. ngejaga posisi duduk biar gak sakit dan nyaman.. ngatur semuanya biar gak ada yang salah posisi dan gak ada syaraf yang kejepit.. perasaannya sakiiiiiit banget, pengen nangis saat itu tapi gak enak juga.. kesannya cengeng, Cuma diketawain gitu aja nangis.. tapi, kalo inget-inget lagi penderitaan gw.. ini tuh gak layak lho dijadiin cemoohan.. dijadiin bahan lawakan.. pengen nyanyi “you don’t know how it feels” jadinya..

Mungkin ini karma deh, dulu gw sering ngata-ngatain orang dengan sebutan autis.. dan sekarang gw ngerasain sakit hatinya keluarga penderita autis.. mulai sekarang, gw mau jaga omongan ah.. jaga mulut, gak mau lagi ngatain orang.. gak mau nyakitin perasaan orang juga..

Buat yang pernah gw hina.. maafin ya.. :) yuk jaga mulut yuk..

No comments:

Post a Comment