Thursday, September 6, 2012

Di Mina


  • Hendaknya memperbanyak sabar dan syukur daripada mengeluh/ menggerutu. Jika bertemu hal2 yang tidak enak dirasa, perbanyak saja istighfar, semoga Allah menambahkan kemudahan, kekuatan & kesabaran. Kita maklumi saja segala kekurangan yang ada di Mina, ini sangat wajar, mengingat di Mina ini seluruh jamaah haji berkumpul untuk mabit. Banyak pula diantara mereka yang sudah sepuh yang pastinya lebih berat lagi bagi mereka menjalankannya. Jika ada yang kita keluhkan terkait tempat, makanan, ada baiknya kita melihat ke luar maktab, melihat bahwa ternyata kondisi kita masih lebih beruntung. Masih banyak jamaah haji mandiri yang mabit dengan tendanya sendiri yang lebih terbatas kondisinya, dengan makanan seadanya, bahkan mereka pun sangat bergembira saat diberi sebagian ekcil jatah daging korban. 
  • Ketika berada di tenda, baiknya dimanfaatkan untuk beristirahat, membantu sesama jamaah yang sepuh/lemah atau memperbanyak zikir dan doa., mengingat di Mina ini masih merupakan tempat2 mustajab untuk berdoa. Biasanya banyak yang lalai akan hal ini. Hindari pembicaraan yang sia2 atau menggerutu. 
  • Merenungi keajaiban Mina yang tiap tahun mampu menampung seluruh jamaah haji, meskipun kuotanya selalu bertambah jutaan orang. Kita tidak perlu hawatir kehabisan atau tidak mendapat tempat di Mina pada waktu haji. Benarlah sabda Rasullah SAW, "Sesungguhnya Mina itu seperti rahim, yang mana ketika terjadi kehamilan, diluaskan oleh Allah SWT".
  • Mempelajari tata cara wudhu, tata cara wudhu darurat.
  • Rutin menyetorkan air seni sebelum diujung tanduk (kebelet). Karena mengantri KM itu sudah pasti, dan antrian bisa jadi lebih mengular menjelang waktu shalat Dhuhur, Maghrib, & Subuh. 
  • Membawa stok beberapa pcs baju, bila disana nanti tidak sempat mencuci. Karenanya usahakan sebelum ke Mina, sudah tidak meninggalkan baju kotor di Mekah. Bagi yang tidak sempat cuci baju, begitu sampai Mekah bisa langsung ganti baju bersih. Ada juga sih yang mencuci di KM, lalu dijemur di depan tenda, dengan gantungan berupa tali yang dibentangkan. Karena panas, inshaAllah menjemur disana setengah hari pun sudah kering.^^

No comments:

Post a Comment