Thursday, September 6, 2012

HP & Kartu Telepon


  • Hp yang bisa dipakai disana adalah tipe GSM seperti di indonesia (yang bisa diganti simcardnya). Hp jepang tidak bisa. Dulu saya dan suami bawa hp punya mertua. Disana tinggal beli simcard & isi pulsa saja. Relatif jauh lebih murah memakai simcard lokal daripada roaming. 
  • Ada banyak layanan seluler tersedia, saat itu yang menurut kami sangat membantu adalah merk Mobily. Kami asal saja memilihnya saat itu. Ternyata setelah pemakaian beberapa kali, juga dibandingkan dengan layanan lain punya teman, pulsa saya ini termasuk awet.  Jadi kesimpulannya lebih murah. Selain saya pakai untuk ber-sms dan saling telepon dengan suami, saya juga memakainya untuk sms dan telp keluarga di Jepang. Dipakai nelpon ke Jepang pun ngga cepat habis. Saya ingat pernah dipinjam teman yang kehabisan pulsa, dipake nelpon ke Jepang 15 menitan kira2 habis 8 riyal. 
  • Ada juga teman yang pakai hp Jepang dan memakai layanan Brastel, tapi saya kurang tau teknisnya.Yang kenal dengan Mbak Dewi Sri Hening Asih atau mbak Dewi Mardhana mungkin bisa tanya2 ke beliau :)
  • Untuk iphone tidak bisa dipakai disana, cuma kalo pas ada wifi bisa untuk ngemail. Biasanya suka cari wifi di lobi penginapan, restoran besar, atau di sekitar hotel2 besar dekat masjid. Ingat, harus hati2 banget nyimpannya kalau bawa iphone, jangan ditinggal di penginapan.
  • Kartu perdana bisa langsung dicari ketika kita sampai di Jeddah. Sambil menunggu keberangkatan bus (biasanya jedanya cukup lama), kita bisa cari2 gerai2 telepon, ada banyak berbagai merk. Minta tolong dipasangin sekalian. Saya ngelihat banyak juga yang jual hp murah (merk nokia yang simpel modelnya kisaran 80-100 riyal) bisa jadi alternatif untuk yang ngga bawa hp GSM.
  • Isi ulang pulsa bisa kita cari dengan mudah di pertokoan dekat masjid atau di penginapan inshaAllah. Kebanyakan toko swalayan & rumah makan pun menjual, coba ditanyakan saja.

No comments:

Post a Comment