Thursday, September 6, 2012

Melepas ASI selama Haji


Saya membawa pompa asi manual & nursing cover karena berniat sambung asi lagi pasca haji. Dan rasanya tiap busui yang pergi haji (walopun ga berniat sambung ASI lagi) juga perlu bawa deh ^^.

Saya saja yang sebelumnya mengira asi saya jumlahnya berkurang karena Lulwa sudah nggak banyak nenen, ternyata kecele. Selama seminggu pertama di perjalanan, baru deh kerasa kalo ternyata produksi ASI masih banyak. Beda ketika ada anak, ada yang minum setiap hari (walopun frekuensi nenennya nggak sering), sehingga kita nggak tahu seberapa banyak asi yang diminum si kecil.

Hari pertama saya di pesawat dalam perjalan ke Abu Dhabi sudah berasa bengkak banget dan sakit. Musti mompa di pesawat. Dalam sekali pompa bisa dapat 200 ml lebih totalnya. Jadi sedih waktu ngebuangnya, karena tahu ternyata selama ini yg diminum Lulwa masih banyak. Saya hanya bisa banyak beristigfar pas ngebuangnya, sambil minta semoga Allah beri penjagaan yang lebih baik bagi Lulwa disana. Pasti penjagaan Allah lebih sempurna dari saya. Dan alhamdulillah, Lulwa selama ditinggal jadi lebih lahap makannya.

Ohya kalo beli pompa asi yang merk bagusan sekalian. Maaf nyebut merk, dulu saya pakai Medella. Merk ini enak dipakenya, juga bahannya lebih kokoh, makanya harga pun selisih. Bukan apa2, ini karena tadinya dari Jepang saya bawa merk lain yang juga populer juga tapi harganya masuk range pertengahan :).

Jadi ceritanya, saya sempat dapet musibah pas mompa di pesawat saat perjalanan dari Abu Dhabi ke Jeddah, mungkin medannya ngga semulus sebelumnya, atau karena tipe pesawatnya yang lebih kecil (karena jarak tempuh lebih dekat mungkin ya, cuma 2 jam), sehingga turbulensinya lebih kerasa. Pas kencang2nya turbulen di pesawat pas saya lagi mompa, akhirnya jatuhlah itu breastpump, dan pecah. Hikkks, ini ujian pertama saya, karena selama 2 hari disana saya belum tau dimana bisa beli breastpump.

Sakit di dada bikin ibadah ngga nyaman. Saya terpaksa harus pompa tangan, otomatis jadinya ngga bisa mompa di masjid, harus ditahan sekalian sampe waktunya pulang ke penginapan, baru diperah pakai tangan.

Saya juga minta tolong ke salah satu petugas dari travel untuk dicarikan toko yang ngejual breastpump, mereka yang tanya2, dan yang ada di drugstore2 terdekat saat itu cuma breast pump model sederhana (seperti terompet) yang muraaah banget, yang ketika sudah dibeli ternyata ga bisa kepake sama sekali, masih mendingan mompa sama tangan :). Sampai akhirnya mereka menawarkan apa mau diantar ke hospital saja, untuk konsul obat dengan dokter.

Alhamdulillah akhirnya nemu sendiri drugstore yg gede & lumayan komplit produk2 importnya, ada di dalam mall di depan Masjidil Haram dari arah Pintu King Abdul Azis. Disana cuman ada merk medella itu aja, saya bayar 250 riyal untuk tipe yang manual (kurang lebih 5000 yen) sedikit lebih murah dari di jepang yang waktu itu saya lihat dijual seharga 6000 yen.

Makin hari produksi ASI memang makin berkurang ya, sampai hari2 terakhir di Madinah, saya hanya perlu memerah tiap 2-3 hari aja.

1 comment:

  1. Memangnya Di makhtab tdk bs titip asi y mba? Di resto makhtab?
    Sy jg msh menyusui Dan akan hajian

    ReplyDelete