Thursday, September 6, 2012

Panduan Manasik

  • Berhaji dari Jepang menuntut kita untuk benar2 mandiri dalam mempersiapkan wawasan keilmuan seputar Haji. Karenanya hendaknya berikhtiar mencari sumber yang sesuai berdasarkan Alquran dan sunnah Nabi SAW. Karena syarat kedua diterimanya amalan setelah ikhlas adalah ittiba' (mengikuti petunjuk) kepada Rasulullah SAW.
  • Untuk buku manasik berbahasa Indonesia, salah satu yang bagus & sangat bermanfaat menurut kami adalah buku yang berjudul: Panduan Manasik Haji dan Umrah berdasarkan Alquran dan Assunnah, yang ditulis oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas & Mubarak bin Mahfudh Bamuallim, Lc. Saya memblinya di Jepang melalui saudariku Fitri Winny Ch. Beliau biasa berjualan buku islam2 jika ada dauroh di Jepang. Yang ingin tahu kontaknya bisa mennghubungi saya japri. Apa kelebihannya? Dalam buku ini dipaparkan penjelasan cara2 ibadah Haji berdasarkan Alquran & Sunnah dan pemahaman Shalafus Shalih, dilengkapi ilustrasi yang memperjelas, dijelaskan kesalahan2 umum yang sering dilakukan jamaah, praktis seukuran buku saku namun isinya cukup padat dengan poin2 pentingnya, lengkap dengan panduan doa2 berdasar Alquran dan hadis yang bisa dibaca di Arafah dan tempat2 lain, ada zikir pagi dan petang, serta penjelasan2 tentang amalan2 utama yang bisa dilakukan di luar ibadah Haji.
  • Satu lagi, ketika baru sampai di Jeddah nanti biasanya akan ada yang bagi2 sesuatu gratis, entah payung/ air mineral/ tas serut punggung/ buku panduan. Beruntunglah yang bisa dapat buku panduan, karena buku ini dibuat oleh komisi dakwah Pemerintah Saudi yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Kelebihannya seperti buku diatas: ukurannya kecil, praktis, berisi poin2 penting tapi ringkas, dengan ilustrasi sehingga lebih jelas, juga disertai kesalahan2 yang umum terjadi. Saya sendiri termasuk yang tidak mendapat buku panduan itu, akhirnya baca2 punya teman sekamar saat di penginapan.
  • Untuk sumber bacaan online panduan manasik haji sesuai sunnah salah satunya bisa didownload disini.

No comments:

Post a Comment