Thursday, September 6, 2012

Tempat Tukar Uang di Japan


  • TravelEx. Dari milis haji kmii, kami mendapat info tentang TravelEx yang lokasinya tersebar di beberapa tempat, bisa dicek link ini. Jangan lupa, sebelum ke kiosnya telepon dulu untuk mengetahui ketersediaan/stock.
  • SMBC. Bisa juga menukar yen ke dollar di SMBC. Nah, kalau sudah punya dollar, akan mudah menukarnya ke riyal dimana saja, bisa di bandara tempat transit, dekat masjid. Dulu malah di dekat penginapan kami (Al Matrouk) ada money changer yang ratenya lebih bagus dibanding di bandara. Posisinya di deretan pertokoan di seberang kantor pos.
  • Kami sendiri waktu itu tukar uang riyal di Indonesia, nitip orangtua yang memang kami undang ke Jepang untuk menjaga anak-anak. Jika ada rupiah, dibawa saja karena biasanya rate tukarnya lebih bagus dibanding yen. Dulu mertua saya selain riyal juga membawakan rupiah & ternyata sangat bermanfaat selama berada di sana. 
  • Oh ya pengalaman teman, disana kartu kredit internasional keluaran Jepang juga bisa dipakai. Bisa untuk beli makan sewaktu transit di Abu Dhabi (transitnya lama, jadi perlu isi perut^^) maupun dipakai di Mekah/Madinah. Dipakai untuk ambil uang cash di ATM juga bisa. Kami sendiri saat itu ngga bawa kartu kredit, dan alhamdulillah gpp. Sewaktu beli makan di bandara Abu Dhabi, juga ada money changer kok.
  • Sebaiknya punya beberapa uang pecahan kecil riyal sebelum sampai di Saudi. Tujuannya untuk berjaga2 jika saat di Jeddah tidak bisa langsung menemukan money changer. Uang pecahan kecil ini biasa diberikan untuk tips kurir bus (sekalinya kira2 memberi 5-10 riyal). 
  • Kemudian saat akan pulang menuju Jeddah juga sebaiknya menyisakan riyal sekitar 50 riyal. Nanti akan ada tips kurir bus lagi. Kemudian ada packing zamzam save pack. Zamzam yang sebelumnya sudah dibungkus plastik dari penginapan, akan lebih aman lagi bila didobel dengan plastik save pack ini. Biayanya sekitar 20-30 riyal, maaf lupa persisnya. Jika ada kelebihan uang, bisa dipakai membelikan oleh2 di toko2 duty free yang ada di bandara. Ada coklat, parfum, mainan, dsb.

1 comment:

  1. "Diary Japan 2011" cukup informatif bagi saya,
    terima kasih

    ReplyDelete