Thursday, September 6, 2012

Uang Saku


*** Berikut ancer2 kebutuhan yang pasti selama disana (tahun 2011). Sebagian besar info kami dapatkan dari milis haji KMII:


Untuk dam haji tamattu, harga 1 kambing sekitar 500-600 riyal ==> 12.000 yen.

Untuk makan: 1x makan = 15 riyal (ini harga makan maksimal, dan biasanya porsinya gede banget.. Kalo lebih, bisa dimakan 2 kali).
Perkiraan 3x makan per hari + margin = 50 riyal = 50 x 20 yen = 1000 yen.
Perkiraan 20 hari di sana = 20.000 yen.

Ditambah back-up ini itu (uang tips kurir bus, uang untuk sedekah, oleh2), basically 100,000 yen cukup bahkan berlebih-lebih. Ini dengan asumsi oleh2 seperlunya aja. Kembali ke kebutuhan ybs sih, jika memang perlu beli oleh2 banyak (misalkan setelah haji pulang ke ina, atau membelikan teman2 di jepang yang cukup banyak jumlahnya) bisa jadi uang segitu kurang.

Secara umum dibanding Japan, memang kebutuhan hidup di Saudi cukup murah, sampe bisa puas2in jajan, apalagi kalo ketemu resto indonesia. Berhubung saat itu kami tidak dapat paket makan, banyak yang pake aji mumpung melepas rindu nyicip masakan nusantara (di madinah nih terutama, banyak pilihan resto indonesia).

Saya sempat ngalamin koper jebol rodanya (koper dari bahan kanvas tebal). Waktu itu emang berangkatnya ga pake koper the best yang kami punya sih, disamping karena kami pikir terlalu gede, juga karena nasehat teman, katanya sayang nanti disana dibanting2. Emang bener deh dibanting2, akhirnya roda jebol dan terpaksa beli lagi disana. Kami beli koper dengan bahan yang sama, ukuran lebih gede, cuma seharga 120 riyal (2400yen). Akhirnya langsung beli 2, suami ikutan ganti. Dari pengalaman saya itu, ternyata bawa koper kegedean waktu berangkat itu berguna juga, paling tidak saat pulang nanti ada tempat buat oleh2.

Pengeluaran lain tidak terduga bagi kami selain koper adalah bea EMS ke Japan. Ini karena suami ngeborong kurma ajwa 10 kg, buat diet katanya :).

No comments:

Post a Comment