Thursday, September 6, 2012

Vaksinasi & Health certificate


  • Dua macam vaksin yang dipersyaratkan aturan saat itu adalah meningitis, dan influenza.
  • Untuk influenza, kita bisa meminta di klinik2 terdekat. Jangan lupa minta sertifikat vaksin influenza. Biayanya sekitar 3000an yen. Di klinik ini kita bisa sekalian minta health certificate. 
  • Untuk vaksin meningitis, hanya tersedia di tempat2 tertentu, info tempat  lebih detail mungkin bisa ditanyakan di milis haji KMII Jepang. Harga pun bervariasi tiap tempat mulai 10.000 - 19.000 yen, ini karena kalau di klinik swasta biasanya tidak tercover asuransi. Sebaiknya telp dan membuat janji untuk terlebih dahulu, karena tidak semua tempat bisa langsung menyediakan vaksinnya, perlu waktu 1-2 minggu sebelumnya. Di klinik2 swasta tertentu ada yang tidak perlu yoyaku, setiap saat ada stock. 
  • Waktu itu kami pergi ke RS Komagome setelah bikin janji hampir 2 minggu sebelumnya, dan membayar hampir 10.000 yen per orang (termasuk murah). Dokternya bisa bahasa inggris dan sudah biasa membuatkan sertifikat meningitis untuk haji tiap tahunnya :) Alhamdulillah jadi tidak perlu membawa contoh sendiri. Kemudian jika pada pasien wanita, ditawari dulu apakah mau disuntik oleh suster, karena dokternya laki2.
  • Berikut kami lampirkan blanko isian untuk membuat health certificate, bisa download disini. Silakan dibawa ke klinik terdekat, nanti mereka tinggal mengisi. Kita juga akan dikenai biaya sebesar kurang lebih JPY 4000 untuk membuat health certificate ini.


No comments:

Post a Comment