Thursday, September 6, 2012

Laundry & Cuci Baju

 
  • Penginapan kami di Mekah saat itu tidak menyediakan mesin cuci. Kalau cari laundry, bisa menanyakan lokasi jasa laundry terdekat di resepsionis. 
  • Kami sendiri memilih mencuci pakaian sendiri, karena lumayan juga ngelihat harga laundry-nya. Jika sekali makan bisa habis 10-12 riyal. Maka harga laundry pun berkisar 10-16 riyal. Seperti halnya air zamzam, harga laundry bisa naik turun sesuai keinginan pemilik jasa. Beberapa teman bercerita bahwa mereka mendapatkan harga yang berbeda satu sama lain. Konon karena ownernya orang Pakistan, maka jamaah yang berasal dari Pakistan biasanya mendapat harga lebih miring.  
  • Dengan banyaknya orang yang menggunakan jasa laundry disana, jangan mengharapkan service laundry seperti di Jepang lho ya :). Kalau bajunya bermanik-manik lebih baik dicuci sendiri, ini pengalaman lain dari sahabat saya, yang setrikaannya sedikit merusak baju nya yang bermanik2. Pernah sekali suami mencucikan ihram. Tapi karena kurang memuaskan (tidak kering betul alias sedikit 'mamel') akhirnya nggak nge-laundry lagi. 
  • Jika mencucikan ihram, jangan lupa berpesan bahwa ini untuk ihram, tidak perlu pewangi. Walopun begitu, terkadang pemilik laundry bisa khilaf juga, mungkin karena saking banyaknya orderan sampai kelupaan dikasih pewangi. Ini kejadian pada teman saya, akibatnya harus mencuci ulang sendiri. Disinilah gunanya bawa sabun batangan non-parfum. 
  • Jika pilih cuci sendiri, bisa menanyakan lokasi menjemurnya pada petugas. Biasanya sih disediakan ruangan khusus tapi bukan di tiap lantai, melainkan di lantai2 atas. InshaAllah menjemur disana cepat kering, karena panasnya :).

2 comments: