Wednesday, August 22, 2012

Cara Alami Mengatasi Alergi pada Anak

Hmm, dapet ilmu baru lagi dari milis Gizi_BayiBalita. Yasud deh, disimpen disini juga semoga bermanfaat. Tentang alergi pada anak yang intinya begini:

-------------------

Menurut Pak Wied, sebenernya alergi bukan penyakit. Alergi justru salah satu bentuk sinyal yang diberikan oleh tubuh si anak bahwa imunitasnya sedang rendah dan minta diperbaiki. Imunitas itu bisa diangkat alias ditingkatkan dengan terapi "makan buah buah di saat perut kosong". Kondisi perut kosong ini maksudnya sehabis bangun tidur, sebelum menyentuh makanan berat lainnya. Dirutinkan selepas anak bangun pagi, dan boleh juga diberikan kembali sehabis anak bangun tidur siang. Buahnya bisa dijus atau disajikan dalam bentuk buah potong.

Banyaknya berapa? Takaran individualnya mengikuti setiap anak, asal gak menggangu nafsu makan berikutnya. Bukannya tidak ada batas. Yang ingin disampaikan adalah kalau minum jus lalu membuat nafsu makan anak pada jam makan sesudahnya menjadi terganggu, berarti pemberian jusnya sudah kebanyakan. Apapun yang sehat bukan berarti boleh dikonsumsi berlebihan. Asupan makanan harian yang sehat harus beragam dan berimbang. Sebagai patokan umum, berikan jus 125 ml pada balita mpada pagi hari begitu dia bangun tidur. Boleh juga diberikan jumlah sama ketika anak bangun tidur siang atau ganti dengan buah potong.

Bertentangan dengan anggapan selama ini bahwa minum jus buah di pagi hari bikin mencret dan sakit perut, menurut beliau justru nutrisi dalam buah adalah bentuk nutrisi yang paling mudah dan langsung bisa dicerna oleh tubuh, sama halnya dengan asi. Karenanya konsumsi buah sebaiknya tidak dibarengkan dengan makanan lain karena akan bercampur dengan nutrisi lain yang lebih sulit dicerna. Seperti kebiasaan makan buah sehabis makan. Maka yang terjadi sebenarnya adalah penyerapan nutrisi buah tidak semaksimal dibanding saat buah dimakan dalam keadaan perut kosong. Sebaiknya beri jarak 15 menit sehabis makan buah dengan sebelum makan untuk bayi dan balita. Kalo untuk orang dewasa beri jarak 30 menit. Karena asupan porsi bayi yang lebih sedikit. Sedangkan jarak aman makan buah sehabis makan adalah 1,5 jam.

Kalau kebiasaan ini dirutinkan, maka kelamaan imunitas alami tubuh akan terdongkrak, dan keluhan alergi akan berangsur hilang. Cara yang cukup alami dan aman untuk mengatasi alergi.

---------------------

Gak lama stelah itu, milis cukup rame karena ada sharing dan tanggapan balik dari beberapa moms yang udah mempraktekkan ilmu diatas. Ini aku copas bebrapa, tanpa nama:

***

hello,moms..
mau cerita aja niy..
sudah hampir 3bulan ini aku mempraktekkan 'minum jus tak lama setelah bangun tidur' pada anakku yg banyak alergi ini itu..Pastinya setelah banyak baca dan belajar dari ilmunya pak wied ya. Alhamdulillah sistem imun anakku menjadi lebih baik dan kami mampu mematahkan kekhawatiran org2 di lingkungan sekitar kami..
Waktu liat anakku minum jus di pagi hari,udah pasti org2 bilang 'kok gak minum susu?'..atau.. 'jangan' krn takut mencret,sakit perut,masuk angin,kembung,dll. Diantara teman2 anakku,rata2 mrk dikasih susu hangat tak lama setelah bangun tidur. Trus banyak moms yg pegel krn anaknya ogah sarapan..akhirnya berakhir dgn pemberian minuman yg katanya pengganti makanan..

Yg dikhawatirkan mencret dan kurang gizi krn kurang minum susu,nyatanya BAB anakku normal saja.Yg penting kita tau cara pemberiannya,ya kan pak wied? hihi.. Dan sekarang anakku lebih tahan terhadap alergen.Udah bisa menikmati telur,keju,yoghurt..cokelat sekali2 (krn menurutku gak terlalu penting makan cokelat)..dan bisa makan salmon yg nutrisinya baik tanpa merasa gatal2..bisa makan pasta yg dari gandum..
Disamping itu,dalam masa percobaan tersebut (sampai saat ini),anakku nggak batuk pilek lho..pdhal dulu kalo aku tes makan roti meises aja dia bisa batuuuk..
Aku jg baca anjuran pak wied utk memberikan sayur bervariasi lebih dari 1 warna ya.. aku praktekkin juga tuh.. hijau-merah-kuning (brokoli-tomat-labu kuning) dibikin sup.. atau buncis-bayam merah-wortel ditumis..Atau yg putih,kembang kol,sawi putih,toge..udah kucobain semua..
Aku yakin moms disini menerapkan masakan sehat dan alami bagi buah hatinya..aku cuma pengen berbagi kebahagiaan aja atas pembuktian yg kami jalani,berbuah indah..*dan punya misi utk mengubah kebiasaan makan/ngemil yg tak sehat terhadap keponakan2ku tersayang..biarin deh dibilang galak atau pelit*
I thank you all...

***
Anak saya sudah hampir 6 bulan minum jus sesaat setelah bangun tidur, atau
karena anak saya lebih suka buah potongan, saya berikan buah potongan. Anak
saya bangun jam 5.00, makan buah jam 5.30 paling lambat jam 6.00, makan pagi
jam 07.00 atau 07.15. Sebelumnya, makan ayam yang dibalut telur, langsung
alergi! Sekarang? Makan telur ayam setiap hari 1 butir, NO PROBLEM tuh!!!
Thanks ya mas Wied.. Saya senang bisa liat anak saya, bebas dari derita
alergi..

***

No comments:

Post a Comment